Menjelajahi Jauhnya Distribusi Udang Mantis

By. Nevanda - 01 Sep 2023

Bagikan:
img

makanansehat.co.idUdang mantis adalah krustasea laut yang mendiami berbagai lingkungan pesisir dan laut dangkal di seluruh dunia. Mereka dapat ditemukan di daerah dengan perairan tropis dan subtropis, terutama di wilayah Indo-Pasifik, meskipun beberapa spesies udang mantis juga dapat ditemukan di tempat lain. Pada artikel ini kita akan membahas beberapa hal detail tentang distribusi udang mantis.


Udang mantis secara umum mudah ditemukan di perairan tropis dan subtropis yang beriklim hangat. Mereka mendiami terumbu karang, substrat berbatu, dasar perairan yang berpasir atau berlumpur, dan padang lamun. Beberapa spesies lebih menyukai perairan yang lebih dalam, sementara yang lain umumnya ditemukan di daerah pesisir yang dangkal.

 

Baca juga: Resep Membuat Ceviche Scallop yang Menggugah Selera


Negara-negara dengan wilayah terumbu karang yang luas, seperti Indonesia, Filipina, Australia, dan berbagai negara Kepulauan Pasifik, memiliki beragam spesies udang mantis yang dapat ditemukan di perairannya. Selain itu, negara-negara di sepanjang pantai Samudra Hindia, Laut Merah, dan Laut Cina Selatan juga memiliki berbagai spesies udang mantis.


Mayoritas spesies udang mantis ditemukan di wilayah Indo-Pasifik, yang meliputi perairan di sekitar Asia Tenggara, Australia, Samudra Hindia, dan Samudra Pasifik bagian barat dan tengah. Wilayah ini dikenal dengan keanekaragaman hayatinya yang tinggi dan merupakan pusat keanekaragaman biota laut, tak terkecuali udang mantis.
Meskipun keanekaragaman udang mantis paling tinggi berada di wilayah Indo-Pasifik, beberapa spesies juga ditemukan di Samudra Atlantik dan Laut Karibia. Spesies-spesies ini kurang beragam dan kurang melimpah dibandingkan dengan spesies Indo-Pasifik.

 

Baca juga: Cara Membuat Nasi Goreng Sarden, Lezat dan Bergizi!


Spesies udang mantis yang berbeda telah beradaptasi dengan berbagai habitat dalam jangkauan distribusinya. Beberapa lebih menyukai liang pasir atau lumpur, sementara yang lain hidup di antara terumbu karang atau substrat berbatu. Keanekaragaman spesies udang mantis sebagian disebabkan oleh kemampuan mereka untuk menempati ceruk ekologi yang berbeda.


Distribusi udang mantis dipengaruhi oleh kombinasi beberapa faktor, termasuk suhu air, salinitas, kedalaman, jenis substrat, dan ketersediaan mangsa. Mereka telah berevolusi untuk berkembang di berbagai lingkungan dengan adaptasi spesifik terhadap habitat yang mereka pilih.

 

Baca juga: Coba Resep Bruschetta Salmon Ini di Rumah




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp