Resep Membuat Ceviche Scallop yang Menggugah Selera

By. Nevanda - 31 Aug 2023

Bagikan:
img

makanansehat.co.id - Ceviche Scallop adalah hidangan lezat yang melibatkan perendaman daging scallop segar dalam air perasan jeruk, biasanya jeruk nipis atau lemon. Air perasan jeruk yang asam inilah yang akan "memasak" scallop melalui proses yang disebut denaturasi. Berikut ini cara membuat ceviche scallop:

 

Bahan-bahan:

  • 250 gr Daging scallop segar, bersihkan dan tepuk-tepuk hingga kering
  • 3-4 buah jeruk nipis atau lemon, peras (cukup untuk menutupi kerang)
  • 1 bawang Bombay merah kecil, iris tipis-tipis
  • 1-2 paprika jalapeño, dibuang bijinya dan dicincang halus (sesuaikan dengan tingkat kepedasan yang Anda sukai)
  • 1/2 cup daun ketumbar segar, cincang
  • Garam dan merica secukupnya
  • Hiasan opsional: irisan alpukat, sayuran hijau, keripik tortilla

 

Baca juga: Cara Membuat Nasi Goreng Sarden, Lezat dan Bergizi!

 

Petunjuk:

  1. Mulailah dengan membuang otot yang keras dari sisi setiap kerang jika masih menempel. Potong scallop menjadi potongan-potongan kecil seukuran sekali gigit.
  2. Tempatkan potongan scallop di dalam mangkuk dan tuangkan air perasan jeruk nipis atau lemon ke atasnya. Pastikan daging scallop terendam seluruhnya dalam air perasan jeruk. Asam dari jeruk akan "memasak" scallop dengan mendenaturasi proteinnya.
  3. Tutup mangkuk dengan bungkus plastik atau penutup dan dinginkan. Biarkan scallop direndam dalam air jeruk nipis atau lemon selama sekitar 20-30 menit. Aduk sesekali untuk memastikan "pemasakan" yang merata.
  4. Sementara scallop direndam, siapkan bahan-bahan lainnya. Iris tipis bawang merah dan cincang halus paprika jalapeño. Bilas irisan bawang bombay dengan air dingin selama beberapa menit untuk mengurangi ketajaman rasanya.
  5. Tiriskan scallop yang sudah direndam dalam saringan, buang air jeruknya. Scallop akan terlihat berubah warna dan keras, menandakan bahwa scallop telah "matang" oleh asam.
  6. Dalam mangkuk saji, campurkan scallop yang telah direndam, irisan bawang bombay merah, potongan paprika jalapeño, dan daun ketumbar segar.
  7. Aduk perlahan campuran tersebut. Tambahkan garam dan merica sesuai selera.
  8. Biarkan rasa menyatu dengan mendinginkan ceviche selama 15-20 menit sebelum disajikan.
  9. Sajikan ceviche scallop dalam mangkuk kecil atau di piring. Anda dapat menghiasnya dengan irisan alpukat, sayuran hijau, atau bahkan menyajikannya dengan keripik tortilla untuk disendok.

 

Selamat menikmati Ceviche Scallop yang menyegarkan! Ingatlah bahwa ceviche paling enak dinikmati saat masih segar dan sesaat setelah dibuat.

 

Baca juga: Coba Resep Bruschetta Salmon Ini di Rumah




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp