Simak 3 Manfaat Cabai bagi Kesehatan Berikut Ini

By. Arso - 07 Aug 2023

Bagikan:
img

makanansehat.co.id - Kita tau bahwa cabai sering digunakan dalam berbagai masakan di Indonesia. Ternyata selain bermanfaat menambahkan rasa pedas dalam masakan, cabai juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Berikut ulasannya.

Baca juga : Ikuti 7 Tips Sukses dalam Bisnis Peternakan dan Pertanian

Sebelum membicarakan manfaat cabai mari kita bahas dahulu kandungan nutrisi pada satu sendok makan (15 gram) cabai merah mentah segar :
•    Kalori: 6 kal.
•    Air: 88 persen.
•    Protein: 0,3 gram.
•    Karbohidrat: 1,3 gram.
•    Gula: 0,8 gram.
•    Serat: 0,2 gram.
•    Lemak: 0,1 gram.

Menariknya lagi, buah ini juga memiliki beberapa senyawa tanaman bioaktif. Misalnya seperti capsanthin, violaxanthin, lutein, capsaicin, sinapic acid, dan ferulic acid.
Berdasarkan kandungan nutrisi dan senyawa tanaman bioaktifnya, terdapat beberapa manfaat cabai yang jarang diketahui, antara lain:

1. Membantu Meredakan Sakit
Capsaicin merupakan senyawa tanaman bioaktif utama dalam cabai yang dapat membantu meredakan rasa sakit. Sebab, senyawa ini akan bekerja sama dengan reseptor rasa sakit yang membuat seseorang merasakan sensasi panas dari cabai. Kondisi ini kemudian membantu ujung saraf berhenti mengirim sinyal sensasi rasa sakit.
Karena itu,  tak heran mengapa buah ini sering digunakan sebagai bahan di dalam krim atau koyo pereda nyeri otot.

Baca juga : Prosedur Pendaftaran Merek Internasional di Indonesia

2. Membantu Menurunkan Berat Badan
Obesitas merupakan kondisi kesehatan serius yang dapat meningkatkan risiko banyak penyakit kronis. Misalnya seperti penyakit jantung dan diabetes. Nah, beberapa bukti menunjukkan bahwa capsaicin dapat meningkatkan penurunan berat badan, dengan mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak.

3. Mencegah Penyakit Jantung
Cabai dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. Studi menunjukkan kalau senyawa capsaicin dalam cabai dapat mengurangi peradangan dan mengurangi risiko penyakit jantung. 

Itulah beberapa manfaat cabai yang jarang diketahui. Berkat kandungan nutrisi dan senyawa bioaktifnya, cabai diyakini dapat meredakan rasa sakit, membantu menurunkan berat badan, hingga membantu mencegah penyakit jantung.

Kendati demikian, pastikan juga untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi cabai. Sebab,hal ini dapat memicu terjadinya sakit perut, diare sekaligus akumulasi sensasi pedas yang dapat menyebabkan pembengkakan pada bibir, peradangan, dan kemerahan.

Baca juga : Aturan Sertifikasi Halal Bagi Bisnis Makanan di Indonesia




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp