Waspadai 7 Gejala Keracunan Ikan Buntal

By. Nevanda - 02 Aug 2023

Bagikan:
img

makanansehat.co.id - Ikan buntal, meskipun terlihat mempesona dengan bentuk tubuh yang unik dan menarik, ternyata menyimpan bahaya mengerikan bagi mereka yang tidak waspada keracunan ikan buntal, juga dikenal sebagai keracunan tetraodontidae, merupakan kondisi serius yang disebabkan oleh konsumsi ikan buntal yang mengandung racun tetrodotoxin. Tetrodotoxin adalah racun yang sangat kuat dan mempengaruhi sistem saraf, yang dapat menyebabkan gangguan serius bahkan kematian jika tidak ditangani dengan cepat. 


Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang gejala-gejala yang timbul akibat keracunan ikan buntal, serta pentingnya kesadaran dan langkah-langkah pencegahan untuk melindungi diri dari bahaya ikan yang menarik namun berbahaya ini.

 

Baca juga: Jenis-Jenis Lobster Budidaya di Indonesia


Berikut adalah beberapa gejala keracunan ikan buntal:


1.    Kebas atau mati rasa
Ini seringkali menjadi gejala pertama dan paling umum. Kebas atau mati rasa dapat terjadi di sekitar mulut, wajah, lengan, kaki, dan area lainnya.


2.    Kesulitan berbicara dan menelan
Akibat efek pada sistem saraf, penderita keracunan ikan buntal dapat mengalami kesulitan berbicara dan menelan makanan atau air.


3.    Mual dan muntah
Seringkali, gejala keracunan ikan buntal termasuk rasa mual yang parah, diikuti dengan muntah.


4.    Gangguan pernapasan
Penderita mungkin mengalami kesulitan bernapas atau pernapasan yang dangkal.


5.    Pusing atau kehilangan kesadaran
Keracunan berat dapat menyebabkan pingsan atau kehilangan kesadaran.


6.    Kelemahan otot dan kejang
Penderita keracunan ikan buntal dapat mengalami kelemahan otot dan kejang-kejang.


7.    Denyut jantung yang tidak stabil
Keracunan parah dapat menyebabkan ketidakstabilan denyut jantung dan masalah kardiovaskular lainnya.

 

Baca juga: Simak 9 Fakta Menarik tentang Barramundi


Kesadaran akan gejala keracunan ikan buntal sangatlah penting untuk melindungi kesehatan dan keselamatan diri dan orang-orang terdekat. Gejala-gejala seperti kebas, mual, muntah, kesulitan bernapas, hingga gangguan pernapasan, harus dianggap serius dan memerlukan penanganan medis segera. 


Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mencurigai adanya keracunan ikan buntal, segera cari bantuan medis darurat. Tidak ada obat penawar khusus untuk tetrodotoxin, tetapi perawatan medis yang tepat dan dukungan medis segera dapat membantu memperbaiki peluang pemulihan. Penting untuk menghindari mengonsumsi ikan buntal yang tidak diolah dengan benar oleh seseorang yang terlatih dan berpengalaman karena racun tetrodotoxin ada di dalam tubuh ikan ini.

 

Baca juga: Resep Sederhana Membuat Siomay Ikan di Rumah




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp