Kerupuk Udang

By. Danan - 10 Feb 2023

Bagikan:
img

Siapa yang tidak kenal makanan kerupuk, yang merupakan makanan asli Indonesia. Kerupuk biasanya dipakai sebagai makanan pelengkap untuk menambah cita rasa, dan sensasi kriuk dalam setiap makanan.

Hampir setiap daerah memiliki ciri khas kerupuk, yang terkadang juga identik dengan nama daerah tempat asalnya itu. Ada Kerupuk Palembang dari Sumatera Selatan, ada Kerupuk Padang Pasir ala Kediri, Jawa Timur. Jika berbicara soal kerupuk udang, tentu orang langsung menyebutkan kota Sidoarjo. Mengunjungi kota Sidoarjo, kerupuk udang merupakan salah satu oleh-oleh khas Sidoarjo yang bisa menjadi ciri khas kota tersebut. Berbagai macam jenis kerupuk udang dijual di macam-macam gerai oleh-oleh di kota Sidoarjo.

Kerupuk Udang adalah kerupuk yang terbuat dari adonan tepung tapioka dan udang yang ditumbuk halus dan diberi bumbu rempah serta penambah rasa yang lain. Bahan Utama kerupuk ini adalah udang. Udang yang dipakai, bisa memakai udang segar, atau udang yang sudah dikeringkan.

Bahan dasar yang dipakai selain udang, adalah tapioka. Meskipun pada dasarnya, tidak semua kerupuk memakai tepung tapioka murni. Ada yang dicampur dengan tepung terigu, tepung beras, atau tepung jagung. Masing-masing memiliki texture yang spesifik, sesuai dengan keinginan dari pembuat kerupuk itu sendiri.

Saat ini, sudah banyak kota-kota lain di Indonesia yang memproduksi kerupuk Udang. Meskipun Sidoarjo adalah kota asal kerupuk Udang, tetapi, sekarang banyak kota di Indonesia, yang memproduksi kerupuk udang yang tidak kalah enak nya dibanding dengan yang di produksi di Sidoarjo.

Bagi Anda yang belum pernah mencoba kerupuk Udang, tidak ada salahnya untuk mencoba, dan merasakan sensasi kerupuk udang yang manis gurih ini, dijamin bikin ketagihan


    Tags :


Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp