Inilah Hidangan Laut Populer dari Seluruh Dunia

By. Nevanda - 28 Jun 2023

Bagikan:
img

makanansehat.co.id - Setiap negara tentunya memiliki kuliner khasnya sendiri, tak terkecuali hidangan-hidangan yang berbahan dasar makanan laut atau seafood. Nah, apa saja sih hidangan laut yang ada di negara lain? Berikut beberapa hidangan laut populer diantaranya:

 

1.    Indonesia – Ikan Bakar 
Salah satu masakan yang sering kita dengan adalah ikan bakar dimana setiap daerah di Indonesia tentunya memiliki ciri khas tersendiri baik dari jenis ikan yang digunakan hingga bumbu apa saja yang dipakai. Tahapan terpenting sebelum mulai membakar ikan adalah melakukan marinasi agar daging ikan tetap terasa lembut dan bumbu yang digunakan lebih meresap.

 

2.    Malaysia dan Singapura – Laksa
Laksa adalah jenis hidangan berkuah yang sudah tidak asing di negara- negara Asia Tenggara. Dalam hidangan ini mi merupakan komposisi utamanya, kemudian ada tambahan berbagai topping mulai dari ayang, ikan, hingga udang. Kuah laksa adalah kuah pedas yang terbuat dari santan dan kaldu. Perbedaan laksa Malaysia dan Singapura adalah laksa Malaysia memiliki rasa yang lebih asam karena menggunakan air asam jawa.

 

Baca juga: Cara Melakukan Fillet Daging Ikan

 

3.    Perancis – Bouillabaisse
Bouillabaisse merupakan hidangan asal Perancis Selatan atau lebih tepatnya dari Kota Marseille. Di daerah asalany hidangan ini menggunakan campuran berbagai jenis ikan dan biasanya ditambahkan dengan sisa hasil tangkapan yang tidak terjual habis. Cara membuat bouillabaisse juga berbeda-beda setiap daerahnya, namun bumbu umum yang digunakan adalah saffron, parutan kulit jeruk dan adas.

 

4.    Jepang – Sashimi 
Sashimi merupakan hidangan asal jepang yang menggunakan irisin tipis ikan mentah yang masih segar. Irisan ikan yang dijadikan sashimi biasanya berbeda – beda tergantung pada jenis ikan yang digunakan. Umumnya ikan-ikan dan seafood yang digunakan untuk dijadikan sashimi adalah Tuna, Salmon, Gurita, Cumi dan Kerang.

 

Baca juga: Keracunan Tongkol: Apa Penyebabnya dan Bagaimana Bisa Terjadi?

 

5.    Meksiko – Fish Tacos
Fish tacos atau taco ikan adalah salah satu makanan jalanan yang terkenal dari Meksiko. Taco ikan dibuat menggunakan Tortilla sebagai kulitnya dan isian yang berupa daging ikan panggang atau goreg, kubis, salsa, krim asam atau saus. Rasanya asin, gurih, pedas, creamy, pokoknya pas untuk dijadikan camilan.

 

6.   Spanyol – Paella de Mariscos
Spanyol mempunyai hidangan seafood yang terkenal yang disebut dengan Paella de Mariscos. Paella sendiri merupakan hidangan berbahan dasar nasi yang disajikan ditemapt memasaknya yang lebar. Seafood paella ini biasanya terdiri dari aneka kerrang – kerangan, udang, dan ikan.

 

Baca juga: 5 Keunggulan Metode Pengasinan Ikan




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp