Daging Ayam: Manfaat Kesehatan dan Kandungan Nutrisi

By. Eka Sari - 13 Oct 2023

Bagikan:
img

makanansehat.co.id - Hampir semua orang sepertinya setuju bahwa ayam adalah salah satu makanan paling populer di dunia. Makanan ini juga dikenal sebagai sumber protein yang menyehatkan, terutama dibagian dada.

Namun, tahukah kamu manfaat daging ayam kaya akan manfaat? Beberapa penelitian bahkan menyatakan bahwa daging ayam dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Selain itu, konsumsi daging ayam juga dipercaya dapat menurunkan risiko seseorang terkena penyakit kanker.  Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi olahan daging ayam. 

Baca juga: Nasi Liwet: Kandungan Gizi Dalam Setiap Komponen di Dalamnya

1. Banyak Protein

Daging ayam, terutama bagian dada, merupakan salah satu sumber protein terbaik. Seperti yang kita ketahui, protein merupakan komponen yang sangat dibutuhkan tubuh agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. 

2. Mengandung Vitamin dan Mineral

Daging ayam selain merupakan sumber protein menurut penelitian juga dapat menjadi sumber vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Mengandung vitamin B yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Daging ayam juga mengandung vitamin D yang membantu menyerap kalsium dan memperkuat tulang. Vitamin A di dalamnya juga menyehatkan penglihatan dan berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Manfaat ayam lainnya berasal dari kandungan mineralnya, seperti zat besi, yang mampu mencegah anemia. Selain itu, potasium dan natrium yang terkandung di dalamnya juga bermanfaat untuk kesehatan gigi dan otak. 

3. Menurunkan Berat Badan

Protein pada daging ayam khususnya bagian dada baik untuk yang sedang menjalankan diet karena dapat menjaga metabolisme tubuh. Pasalnya, protein akan membuat merasa kenyang tanpa harus makan banyak, sekaligus mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan tidak sehat lainnya.

4. Mengandung Senyawa Anti Kanker

Ayam merupakan salah satu “daging putih” bersama dengan ikan. Mengonsumsi daging putih diduga dapat menurunkan risiko kanker. Namun, risiko kanker meningkat jika terlalu banyak mengkonsumsi “daging merah” seperti daging sapi atau babi. Meski demikian, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat daging ayam ini. 

Baca juga: Mengintip 10 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

5. Periksa Tekanan Darah

Daging ayam, kacang-kacangan, sayur mayur, dan buah-buahan terbukti dapat menurunkan tekanan darah. Namun tentunya ayam hanya bisa di manfaatkan jika mengolahnya dengan cara yang sehat, tidak menggoreng atau memasaknya dengan banyak garam atau natrium. 

6. Menurunkan Kolesterol

Jika dimasak dengan cara yang sehat, ayam relatif rendah lemak jenuhnya. Seperti kita ketahui, konsumsi lemak jenuh yang berlebihan menjadi salah satu penyebab utama kolesterol darah naik.

7. Memperkuat Tulang

Protein dalam daging ayam bersama dengan kalsium membantu melindungi tulang dari kerusakan. Jadi pastikan selalu mengonsumsi protein yang cukup agar tulang tetap kuat dan sehat.

8. Meningkatkan Massa Otot

Bagi yang menginginkan tubuh sempurna, mengonsumsi daging ayam bisa menjadi salah satu cara meningkatkan massa otot. Untuk mendapatkan hasil maksimal bisa diimbangi dengan dengan latihan kekuatan.

9. Tingkatkan Mood

Ayam mengandung triptofan, asam amino yang dapat membantu meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh. Serotonin merupakan hormon di otak yang dapat meningkatkan perasaan bahagia.

Baca juga: 7 Manfaat Kesehatan dari Kunyit

10. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat daging ayam lainnya adalah dapat menunjang kesehatan jantung karena kandungan lemak jenuhnya lebih sedikit dibandingkan jenis daging lainnya, seperti daging merah, sapi, babi, dan domba. Kaya akan lemak tak jenuh, protein ayam bermanfaat mengurangi risiko gagal jantung, penyakit jantung koroner, dan stroke. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, sebaiknya konsumsi daging ayam dengan cara dikukus atau direbus agar nilai gizinya tetap terjaga.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp