Ingin Belanja Sayur dan Bahan Pokok Secara Online? Cek Tipsnya Disini

By. Eka Sari - 14 Oct 2023

Bagikan:
img

bisnisrakyat - Masa pandemi menciptakan cara hidup baru. Hal ini tidak hanya membuat kita lebih banyak berdiam diri di rumah, tapi juga meningkatkan intensitas belanja online. Bukan untuk membeli pakaian atau peralatan, kini belanja sayur harus dilakukan secara online karena keterbatasan mobilitas.

Membeli sayuran dan hasil bumi secara online tidak semudah membeli pakaian. Pasalnya, sayur, daging, dan buah-buahan tidak tahan lama di suhu ruangan. Kalau kita tidak menyusun strategi, kemungkinan besar kita justru akan semakin boros.

Baca juga: Mengintip 10 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Nah, kali ini tim sobat kontenPedia akan berbagi beberapa tips belanja sayur mayur dan kebutuhan pokok secara online yang hemat dan aman. Yuk, simak ulasan selanjutnya!

1. Periksa Kebutuhan Memasak Kita

Jangan panik, kita membeli banyak barang yang sebenarnya tidak kita perlukan. Panic shopping tidak hanya berdampak buruk bagi kita karena dapat menyebabkan terbuangnya makanan. Selain itu merugikan orang lain yang memang membutuhkannya. Sebelum kamu berbelanja, pastikan untuk mencari tahu bahan apa saja yang ada di lemari es kamu. Ukur berapa banyak makanan yang perlu dibeli agar tidak membeli terlalu banyak atau terlalu sedikit. 

2. Pilih Platform Belanja Online Yang Andal

Apalagi di kota-kota besar, kini banyak sekali platform belanja sayuran online yang bisa kita pilih. Bentuknya bisa berupa permintaan ke website khusus. Kamu bisa meminta rekomendasi dari kerabat dan teman tentang platform jual beli sayur online.

Cari tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengirim paket. Ketika permintaan meningkat, beberapa platform cenderung mengalami kelebihan permintaan. Akibatnya, waktu pengiriman mungkin tertunda. Jika tidak bisa segera diantar, atur ulang keranjang belanjaan dan pilih makanan yang tidak mendesak.

Baca juga: 7 Manfaat Kesehatan dari Kunyit

3. Pilih Metode Pengiriman Cepat

Karena produk yang dibeli biasanya cepat rusak atau kadaluarsa, perjalanan transportasi memegang peranan penting. Oleh karena itu, sebaiknya membeli sayur mayur secara online di kota yang sama dengan tempat tinggalmu, atau lebih baik lagi jika tempatnya tidak jauh dari rumahmu. Akan lebih baik lagi jika kamu mengetahui detail kontak kurir yang mengirimkan pembelian. Tujuannya agar kamu dapat dengan mudah mengecek lokasinya.

4. Jangan Mudah Tergiur Dengan Diskon

Hanya sedikit platform belanja online yang menawarkan diskon besar. Jadi jangan langsung tergoda ya? Kita tidak pernah tahu kualitas suatu produk yang didiskon. Misalnya diskon daging ayam yang mungkin kualitasnya kurang bagus. Itu sangat mempengaruhi rasanya, bahkan kesehatan kita. Namun, jika kamu yakin toko diskon tersebut memiliki produk berkualitas tinggi, kamu dapat mempertimbangkannya. Tidak ada salahnya menabung di situasi yang tidak menentu ini, bukan?

5. Belilah Sayuran yang Tidak Cepat Rusak

Selanjutnya perhatikan jenis sayuran yang d ibeli. Karena intensitas belanjanya tidak seintens biasanya, kita harus mengatur sayuran apa yang kita beli. Misalnya, wortel dan kacang hijau lebih baik disimpan dibandingkan kangkung dan bayam. Oleh karena itu, kamu bisa menyimpan wortel dan buncis lebih lama. Jika membeli sayuran yang mudah rusak seperti bayam dan kangkung, sebaiknya masaklah sayuran tersebut pada hari pertama kamu membelinya. Sementara sayuran yang umur simpannya lebih lama bisa disimpan untuk hari-hari berikutnya.

Baca juga: Beras Merah: Tips dan Trik Memulai Bisnis Olahan Makanan

Demikianlah tips bisnis sayur online yang bisa diikuti untuk menghemat efisiensi waktu dan tenagamu.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp