Daun Pepaya: Si pahit Yang Memiliki Segudang Manfaat

By. Eka Sari - 11 Oct 2023

Bagikan:
img

bisnisrakyat - Meski rasanya agak pahit, ternyata daun pepaya bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi, seperti mengobati demam berdarah, mengontrol gula darah pada penderita diabetes, dan mengobati sembelit. Manfaat tersebut didapat karena adanya berbagai nutrisi pada daun pepaya, termasuk enzim papain yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. 

Pepaya atau Carica papaya merupakan tanaman yang mudah ditemukan di negara tropis. Selain buahnya, daun pepaya juga bisa dikonsumsi. Beragamnya manfaat daun pepaya disebabkan oleh nutrisi yang dikandungnya, mulai dari menebalkan rambut hingga mencegah kerutan. Berikut berbagai manfaat daun pepaya untuk kesehatan:

Baca juga: Lebih Sehat Mana? Beras Basmati Putih, Beras Basmati Merah Atau Beras Putih Biasa

 1. Mengatasi Demam Berdarah

Salah satu manfaat daun pepaya adalah sebagai obat penyakit demam berdarah dengue (DBD). Jika terserang DBD, jumlah trombosit mungkin turun dan menimbulkan beberapa gejala. Selain itu, DBD juga dapat meningkatkan risiko pendarahan yang dapat berakibat fatal jika tidak ditangani. Mengonsumsi daun pepaya dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam darah. Selain itu, beberapa senyawa dalam ekstrak daun pepaya juga memiliki sifat antivirus yang diyakini bermanfaat melawan virus penyebab demam berdarah.

2. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Papain merupakan zat dalam pepaya yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti meredakan gejala sakit tenggorokan. Menurut penelitian, obat pelega tenggorokan yang mengandung 2 miligram papain dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.  Dapat juga mengonsumsi permen yang mengandung papain untuk mendapatkan manfaat daun pepaya. Namun jangan menggunakan lebih dari dosis yang dianjurkan pada kemasan. 

3. Mengontrol Gula Darah

Daun pepaya bisa menjadi obat diabetes alami. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang menunjukkan bahwa ekstrak daun pepaya tinggi antioksidan dan membantu menurunkan gula darah. Mengkonsumsi ekstrak daun pepaya melindungi sel-sel penghasil insulin. Dengan cara ini, kadar insulin dalam tubuh tetap stabil dan kadar gula darah tidak berubah.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Ekstrak daun pepaya juga dapat membantu mengontrol tekanan darah. Pasalnya, daun pepaya mengandung potasium yang mampu menurunkan tekanan darah, terutama pada penderita diabetes. 

Baca juga: Mengintip Manfaat Maggot di Bidang Kesehatan

5. Mencegah Dan Mengobati Kembung dan Sembelit

Ekstrak daun pepaya dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati perut kembung serta gejala gangguan pencernaan lainnya, termasuk sakit maag. Pasalnya, daun pepaya mengandung enzim papain yang mampu menjaga kesehatan pencernaan. Diketahui bahwa papain dapat memecah protein menjadi asam amino yang lebih kecil agar lebih mudah dicerna sehingga meminimalkan gangguan pencernaan. Selain mengobati perut kembung, papain yang terkandung dalam daun pepaya juga bermanfaat mencegah dan mengobati sembelit. Hal ini karena kandungan serat pada daun pepaya yang dapat melunakkan tinja, sehingga dapat mencegah dan mengobati sembelit. 

6. Mengobati Pegal Linu

Daun pepaya dipercaya sebagai obat tradisional untuk mengurangi peradangan. merupakan respon alami tubuh untuk melawan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Kandungan papain, flavonoid dan vitamin E pada daun pepaya dapat membantu mengurangi peradangan yang dapat menimbulkan nyeri.

7. Menebalkan Rambut

Selain mengobati penyakit dan mengurangi peradangan, manfaat daun pepaya lainnya adalah menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Daun pepaya dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut karena kaya akan antioksidan. Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi makanan kaya antioksidan dapat mengurangi kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Bisa juga memetik manfaat daun pepaya dengan menjadikan daun pepaya sebagai masker rambut.

Baca juga: Kandungan Nutrisi Yang Terdapat Pada Beras Basmati

8. Pengobatan Alami Penyakit Herpes dan Cepat Penyembuhan Luka

Masih berasal dari enzim papain, daun pepaya mempunyai manfaat meredakan gejala herpes zoster. Beberapa gejala herpes zoster antara lain nyeri, kulit melepuh, dan neuralgia. Khasiat daun pepaya dalam mengurangi gejala penyakit herpes bahkan dinilai sama efektifnya dengan penggunaan asiklovir, obat khusus virus herpes. Selain itu, daun pepaya terbukti mempercepat penyembuhan luka dan menutupi bekas luka.  Bisa mengoleskan daun pepaya langsung ke kulit untuk mendapatkan manfaat daun pepaya. Namun manfaat daun pepaya dalam pencegahan atau pengobatan berbagai penyakit masih memerlukan penelitian lebih lanjut, termasuk dosis pasti dan kemungkinan efek samping dari konsumsi daun pepaya.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp