Beras Basmati, Beras Yang Kaya Akan Manfaat

By. Eka Sari - 11 Oct 2023

Bagikan:
img

makanansehat.co.id - Beras basmati memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Faktanya, manfaat beras basmati mungkin lebih besar dibandingkan jenis beras lainnya. Selain itu, nasi basmati mempunyai bentuk yang berbeda dibandingkan dengan nasi lainnya dari segi panjang dan aromanya.

Salah satu keunikan nasi basmati adalah tidak lengket seperti nasi jenis lainnya. Beras basmati juga bisa menyerap lebih banyak air. Beragam ciri khas padi basmati tidak lepas dari daerah tumbuhnya, yakni India, dan itu tidak dibudidayakan di mana pun. Maka tak heran jika kualitasnya tetap terjaga.

Baca juga: Mengintip Manfaat Maggot di Bidang Kesehatan

Beras basmati sebenarnya ada dua jenis, yaitu nasi basmati putih dan coklat. Jenis beras ini sangat berbeda dengan yang lainnya. Hal ini dikarenakan beras ini mengandung vitamin dan mineral, serat, karbohidrat, protein serta mengandung lebih sedikit lemak dibandingkan jenis beras lainnya. Beras basmati memiliki banyak manfaat lain yang menarik. Adapun manfaat dari beras basmati ini adalah sebagai berikut.

1. Mengurangi Risiko Kanker Usus Besar

Manfaat beras basmati yang pertama adalah mampu menurunkan risiko kanker usus besar. Sebab, memperbanyak serat dapat meminimalkan kemungkinan terjadinya kanker usus besar. Penelitian bahkan menyatakan bahwa jika seseorang mengonsumsi serat sekitar 30gram sehari, maka risiko terkena kanker usus besar dapat berkurang sebesar 30 persen dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi lebih sedikit serat.

Nasi basmati merupakan salah satu bahan makanan yang konon mengandung lebih banyak serat dibandingkan nasi putih biasa. Untuk hasil terbaik, pilihlah nasi basmati coklat.

2. Baik Untuk Penderita Diabetes

Beras basmati memiliki indeks glikemik yang lebih tinggi dibandingkan nasi biasa. Indeks glikemiknya antara 50 dan 58, sehingga bisa disebut rendah atau sedang. Bagi penderita diabetes, nasi ini dalam porsi kecil tetap bisa menjadi bagian dari pola makan sehat. 

Baca juga: Intip Kandungan Gizi Yang Luar Biasa Dari Beras Hitam

3. Mencegah Masalah Pencernaan

Jika diolah menjadi nasi, makanan ini tetap kaya akan serat. Ada banyak gangguan yang bisa dicegah jika tubuh mendapat cukup serat, termasuk masalah pencernaan seperti sembelit. Faktanya, ia juga larut, yang berarti menambah jumlah besar dan membantu membuang limbah dari saluran pencernaan.

4. Kesehatan Jantung Yang Lebih Baik

Beras basmati, terutama beras merah, merupakan biji-bijian. Hal ini terkait dengan rendahnya risiko penyakit jantung. Selain itu, biji-bijian dapat membantu menurunkan kolesterol darah. Bahkan, konsumsinya juga dapat membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi yang menjadi salah satu pemicu penyakit jantung.

Baca juga: Beras Merah Organik, Beras Lokal Indonesia yang Kaya Akan Manfaat

5. Kesehatan Otak Yang Lebih Baik

Beras ini juga kaya akan vitamin B, termasuk tiamin (vitamin B1). Faktanya, 22% dari kebutuhan harian mungkin sudah cukup. Nah, vitamin ini sangat penting untuk kesehatan otak. Seseorang yang mengalami defisiensi mempunyai risiko lebih tinggi terkena ensefalopati Wernicke.

Demikianlah pembahasan mengenai nilai gizi dan manfaat nasi basmati bagi kesehatan. Oleh karena itu, usahakan untuk lebih memilih nasi jenis ini dibandingkan nasi yang biasa dikonsumsi. Hal yang perlu diingat adalah nasi basmati memiliki kandungan glukosa yang lebih rendah dibandingkan nasi putih.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp