Melirik Peluang Usaha Olahan Makanan Berbahan Dasar Beras Basmati

By. Eka Sari - 11 Oct 2023

Bagikan:
img

makanansehat.co.id - Kamu pasti bertanya-tanya. Mengapa ada beras bertekstur Panjang dan tipis? Apabila jadi nasi kenapa tidak pulen? Beras itu adalah beras basmati. Beras basmati merupakan beras yang bulirnya tampak lebih panjang dan tipis dibandingkan dengan beras yang umum di Indonesia (beras putih atau beras merah).

Nasi basmati biasanya dijadikan pelengkap untuk masakan Timur Tengah, India, Pakistan, dan wilayah sekitarnya. Nah kamu perlu tahu nih, ide olahan beras basmati tersebut kemudian menjadi peluang bisnis yang layak dan menguntungkan untuk dicoba. Bentuk olahan beras basmati yang bisa menjadi peluang bisnis beras basmati antara lain:

Baca juga: Beras Hitam: Peluang Bisnis Olahan dan Segudang Manfaat Untuk Kesehatan

1. Nasi Jeera 

Olahan nasi ini terbuat dari campuran biji jeera atau jintan. Meski bumbu dan proses memasaknya sederhana, namun keunikan aroma dan rasa dari bumbu tersebut membuat nasi ini menjadi sangat istimewa. Saking sederhananya, nasi ini memiliki warna putih bersih. Kamu bisa melihat beberapa biji jintan tercampur ke dalam nasi. Orang India biasanya menggunakan nasi basmati untuk membuat nasi jeera.

2. Nasi Biryani

Biryani atau dikenal juga dengan nama biriyani atau briyani merupakan hidangan nasi yang berasal dari India. Diketahui pula bahwa nasi ini berasal dari masyarakat muslim di India yang awalnya menyajikan menu ini untuk upacara adat.

Nasi biryani terbuat dari nasi basmati berbiji panjang dengan perpaduan berbagai bumbu India. Nasi ini dibuat lebih istimewa dengan menambahkan berbagai macam daging mulai dari ayam, kambing, sapi, domba hingga seafood dan sayuran.

Meskipun nasi biryani mungkin berasal dari India, nasi ini juga populer di berbagai negara. Rasanya yang lezat dan pedas membuat sajian nasi ini digemari banyak orang.

3. Nasi Kabsa

Nasi kabsa adalah keluarga hidangan nasi dari Timur Tengah. Khususnya dari Arab Saudi. Di Arab Saudi, hidangan ini dianggap sebagai hidangan nasional. Masakan ini bahan dasarnya adalah nasi dan daging. Hidangan ini banyak ditemui di beberapa negara seperti Yaman, Qatar, Oman, Uni Emirat Arab, Bahrain, Kuwait bahkan Indonesia.

Baca juga: Intip Kandungan Gizi Yang Luar Biasa Dari Beras Hitam

4.Nasi Mandhi

Nasi Mandhi merupakan hidangan tradisional yang berasal dari Arab bagian selatan. Kemudian sampai ke Indonesia dibawa oleh kaum Hadhram. Hidangan ini terdiri dari daging dan nasi dengan campuran bumbu khas. Di Jazirah Arab, hidangan ini disiapkan di gua bawah tanah. Hidangan berbahan dasar nasi basmati ini sangat populer dan umum di sebagian besar wilayah Arab dan dinikmati di banyak wilayah termasuk Mesir, Levant, Turki, dan Indonesia.

5. Puliyogare

Masakan ini sering disebut nasi asam karena rasanya yang dominan asam. Nasi merah yang berbumbu kental ini biasanya disajikan sebagai hidangan utama pada saat upacara adat.  Untuk membuat puliyogare dibutuhkan bumbu-bumbu seperti asam jawa, ketumbar bubuk, cabai merah. kunyit, daun kari dan masih banyak bumbu lainnya. Rasanya unik karena ditambahkan air asam segar. 

6. Nasi Brinji

Nasi Brinji juga dikenal sebagai hidangan nasi legendaris India. Bahkan konon nasi brinji sudah populer sebelum nasi biryani. Nama nasi ini diambil dari bumbu utamanya yaitu daun brinji atau daun salam dalam bahasa Tamil. Banyak bumbu juga digunakan dalam pembuatan nasi Brinji. Memberikan rasa pedas yang kental. Selain bumbu, nasi juga dimasak dengan santan dan campuran bahan lain seperti kentang, wortel, dan kacang polong.

Baca juga: Beras Merah Organik, Beras Lokal Indonesia yang Kaya Akan Manfaat

7. Vaangi Bath

Sajian nasi ini identik dengan makanan khas India untuk perayaan pernikahan. Selain nasi, bahan utama masakan ini adalah brinjal atau terong hijau yang dimasak dengan nasi dan bumbu. Vaangi Bath juga semakin nikmat karena dibuat dengan bumbu masala khas India. Lebih nikmat lagi jika nasi disantap dengan lauk pauk seperti sandige atau keripik nasi dan mosaru bajji atau pasta mentimun.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp