Mengenal Beras Basmati, Yang Dulu Dijadikan Makanan Para Bangsawan

By. Eka Sari - 11 Oct 2023

Bagikan:
img

makanansehat.co.id - Basmati adalah salah satu jenis beras yang memiliki karakteristik khusus berbutir panjang dan tipis, bukan beras biasa di Indonesia seperti beras putih atau beras merah. Beras basmati yang lebih sehat dibandingkan beras putih biasanya dikaitkan dengan makanan India, Pakistan, dan wilayah sekitarnya. Meski tak sepopuler beras putih, beras basmati kemasan bisa ditemukan di supermarket atau pasar lokal.

Baca juga: Sering Dianggap Tak Berguna, Ini Dia Sejumlah Manfaat Maggot

Beras basmati adalah salah satu jenis beras yang memiliki akar sejarah yang panjang di India dan Pakistan. Beberapa pihak mengklaim bahwa beras basmati telah ditanam dan dikonsumsi selama ribuan tahun. Beras ini dikenal dengan aromanya yang harum dan biji yang panjang. Namun, hingga saat ini berbagai seminar memperdebatkan di mana daerah penanaman padi basmati pertama kali ditemukan. Namun jika melihat catatan lama, beras basmati kupas merah pertama kali ditemukan di Sialkot dan Syadwala, Lahore, Pakistan pada abad ke-16.

Beras basmati kemudian menyebar ke seluruh pelosok negeri hingga sampai ke telinga para bangsawan. Rasanya yang lembut dan aromanya yang harum lebih menarik perhatian para bangsawan daripada gandum. Para bangsawan kemudian menanam padi basmati di tanah mereka. Masyarakat awam tidak diperkenankan masuk ke ladang. Faktanya, siapa pun yang mengambil beras akan dihukum. Beras basmati menjadi barang mewah dan dihadiahkan oleh Yar Mohammad kepada Maharaja Ranjit Singh pada tahun 1822 sebagai simbol perdamaian.

Baca juga: 7 Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Penyakit

Rasa beras basmati pun sampai ke Uttarakhand yang terletak di kaki pegunungan Himalaya di India. Pada masa pemerintahan Raja Tehri, seluruh masyarakat diperintahkan menanam padi basmati untuk memberi makan keluarga kerajaan. Menurut Bonappetit, beras basmati masih ditanam di wilayah pertanian India dan Pakistan. Faktanya, 2/3 pasokan beras basmati dunia berasal dari India.

Penting untuk diingat bahwa sejarah beras basmati telah menjadi bagian penting dari ekonomi di wilayah-wilayah tempat beras ini ditanam. Produksi dan ekspor beras basmati memiliki dampak ekonomi yang signifikan dalam perdagangan internasional dan sektor pertanian di India dan Pakistan.

Baca juga: Mengintip Manfaat Maggot di Bidang Kesehatan




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp