7 Makanan Sehat Untuk Memelihara Kesehatan Jantung

By. Eka Sari - 10 Oct 2023

Bagikan:
img

makanansehat.co.id - Penyakit jantung lambat laun bisa semakin parah jika tidak dibarengi dengan perubahan gaya hidup dan mengonsumsi makanan yang menyehatkan jantung. Pola makan yang tidak sehat dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri sehingga mengurangi aliran darah ke jantung.

Berkurangnya aliran darah ini menimbulkan gejala penyakit jantung, seperti nyeri dada dan sesak napas. Jika tidak ditangani, kondisi ini dapat menyebabkan serangan jantung atau serangan jantung mendadak yang dapat mengancam nyawa.

Baca juga: Beras Hitam: Peluang Bisnis Olahan dan Segudang Manfaat Untuk Kesehatan

Makanan apa yang menyehatkan jantung? Yuk Simak daftar lengkap makanan berikut ini. Makanan ini tidak hanya cocok untuk penderita jantung, tapi juga bagi Sobat kontenPedia yang sedang merencanakan perubahan gaya hidup  lebih sehat berikut ini:

  1. Buah-Buahan Dan Sayur-Sayuran

Ada banyak buah dan sayur yang baik untuk jantung. Buah dan sayur mengandung berbagai antioksidan yang memiliki khasiat baik sehingga membantu melindungi jantung. Selain antioksidan, buah dan sayur juga merupakan sumber serat yang baik sehingga sangat penting untuk kesehatan jantung.

Pilih sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dan sawi. Sayuran ini terkenal kaya akan sumber vitamin, mineral, vitamin K, dan antioksidan yang menyehatkan jantung. Buah-buahan yang menyehatkan jantung antara lain tomat, stroberi, blueberry atau raspberry, jeruk, melon, dan pepaya.

  1. Ikan Berlemak

Makanan untuk kesehatan jantung selanjutnya adalah ikan berlemak. Ikan ini mengandung asam lemak omega-3 yang memiliki sifat anti inflamasi yang sangat baik untuk jantung. Ikan berlemak yang mengandung asam lemak omega-3 antara lain: ikan salmon, ikan kembung, ikan kembung, ikan haring, ikan trout, sarden, ikan tuna

  1. Produk Gandum Utuh

Biji-bijian utuh mengandung serat, yang lebih bermanfaat dibandingkan biji-bijian olahan. kamu bisa memasukkan roti gandum, pasta, dan nasi sebagai bagian dari pola makan yang menyehatkan jantung.

Kacang-kacangan dan biji-bijian yang direkomendasikan meliputi: Kacang-kacangan, termasuk kenari, almond, kacang Brazil, hazelnut, pecan, dan kacang mete. Biji termasuk biji bunga matahari, biji labu, biji rami, biji rami dan biji chia.  Kacang-kacangan, termasuk lentil, kacang hitam, kacang merah, kacang azuka, dan kacang buncis. Biji-bijian utuh dapat membantu melindungi terhadap penyakit kardiovaskular dan bergizi. Namun kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan makanan yang sangat padat energi sehingga harus memenuhi asupan kalori yang dibutuhkan.

  1. Lemak Sehat

Jika kamu menderita penyakit arteri koroner, sebaiknya hindari lemak. Namun kabar baiknya adalah ada lemak sehat yang sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah sedang. Lemak sehat dapat menurunkan kolesterol dan melindungi terhadap serangan jantung dan stroke.  Beberapa makanan yang mengandung lemak sehat antara lain: Minyak zaitun, Minyak lobak, Alpukat, Margarin penurun kolesterol, Produk susu bebas lemak atau rendah lemak seperti yogurt, krim asam, dan keju.

Baca juga: Intip Kandungan Gizi Yang Luar Biasa Dari Beras Hitam

  1. Cokelat Hitam

Cokelat hitam kaya akan antioksidan seperti flavonoid. Kandungan ini dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi coklat dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Sahabat kontenPedia bisa mengonsumsi coklat dalam jumlah sedang atau kurang dari 6 porsi per minggu untuk mengurangi risiko penyakit jantung koroner, stroke, dan diabetes.  Namun, coklat mengandung banyak gula dan kalori, yang dapat meniadakan manfaatnya, jadi pastikan kamu hanya memilih coklat hitam berkualitas baik dengan setidaknya 70% kakao.

  1. Bawang Putih

Bawang putih telah lama digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai penyakit. Bawang putih dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung karena mengandung senyawa bernama allicin yang dipercaya memiliki banyak efek terapeutik.

Sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak bawang putih dapat mencegah agregasi trombosit, sehingga dapat mengurangi risiko penggumpalan darah dan stroke.

Cara mengonsumsi bawang putih yang baik untuk kesehatan adalah dengan memakannya mentah atau menghancurkannya dan diamkan beberapa menit sebelum dimasak untuk mendukung pembentukan allicin.

  1. Teh Hijau

Jika Sahabat kontenPedia sedang mencari minuman yang menyehatkan dan menyehatkan jantung, teh hijau adalah pilihannya. Teh hijau telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan, mulai dari peningkatan pembakaran lemak hingga peningkatan sensitivitas insulin.

Selain itu, teh juga mengandung polifenol dan katekin yang dapat berperan sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan sel, mengurangi peradangan, dan melindungi kesehatan jantung.

Baca juga: Beras Merah Organik, Beras Lokal Indonesia yang Kaya Akan Manfaat

Selain makanan, penting juga untuk menjaga pola makan yang seimbang, menghindari makanan tinggi lemak jenuh dan trans, serta mengontrol asupan garam. Tentunya, gaya hidup aktif dan olahraga juga berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp