Peluang Usaha Dibalik Olahan Beras Hitam yang Menyehatkan

By. Eka Sari - 10 Oct 2023

Bagikan:
img

makanansehat.co.id - Kini masyarakat Indonesia semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan. Salah satu caranya tentu saja dengan mengonsumsi makanan sehat. Dengan melihat hal ini, kamu mungkin juga sedang melihat peluang bisnis yang menarik dan menguntungkan.

Bisnis makanan kesehatan bisa menjadi bisnis yang menarik bukan? Sebab, meski sudah semakin banyak masyarakat yang sadar, namun mereka masih kesulitan mencari bahan makanan sehat.  Sebagai alternatif pilihan bisnis, cobalah menawarkan beras hitam. Beras hitam bisa menjadi pilihan komersial karena bahan ini dianggap penting bagi mereka yang mulai menjaga kesehatan. Secara spesifik, beras hitam merupakan pengganti nasi putih dan memiliki banyak manfaat.

Baca juga: Peluang Bisnis Makanan Olahan Beras Merah Organik

Faktanya, harga beras hitam yang relatif mahal membuat bahan ini tidak digunakan sebagai bahan utama. Namun sungguh, merupakan tantangan bagi kamu untuk menemukan cara agar nasi hitam semakin populer. Saat ini harga beras hitam Rp 30.000/kg. Salah satu ide yang bisa kamu kembangkan menjadi peluang bisnis unik adalah dengan menyempurnakan bahan mahal ini menjadi formula lain yang lebih menarik. Berikut beberapa ide dan peluang bisnis yang terkait dengan olahan beras hitam:

  1. Minuman Beras Hitam

Wedang beras shitam adalah merupakan Inovasi hasil dari olahan beras hitam yang diproduksi secara profesional, Wedang beras hitam juga dilengkapi dengan gula aren organik sehingga aman bagi pendeita diabetes.Wedang beras hitam kaya akan  khasiat diantaranya mempunyai khasiat meningkatkan kekebaln tubuh (imunitas), mengelurkan racun (detoksifikasi) menyeimbangkan sistem metabolisme tubuh, serta memiliki aroma harum dan rasa yang lezat.beras hitam juga bisa membantu penyembuhan berbagai macam penyakit seperti leukimia, diabetes, kegemukkan, kanker, kolesterol, maag,asma, ginjal, hipatitis, masalah pencernaan, alergi makanan, masalah kewanitaan, mengurangi peradangan, memperbaiki kerusakan sel hati dan memperlambat penuaan dini, sebagai antioksidan dan lain-lain.

  1. Bubur Hitam

Bubur hitam dapat dijadikan sebagai menu sarapan atau makanan ringan. Bubur hitam dapat diolah dengan berbagai macam topping seperti sosis jagung, rumput laut, atau tinta cumi. Hal ini juga dapat menjadi ide peluang bisnis.

  1. Nasi Hitam Sayuran

Nasi hitam sayuran dapat dijadikan sebagai menu makan siang atau malam. Nasi hitam sayuran dapat diolah dengan berbagai macam sayuran seperti wortel, buncis, dan cabai.

  1. Beras Hitam Organik

Beras hitam organik dapat dijual sebagai produk kesehatan yang ramah lingkungan. Peluang usaha beras organik memiliki modal kecil dan potensi keuntungan besar.

Baca juga: Intip Kandungan Gizi Yang Luar Biasa Dari Beras Hitam

  1. Produksi Beras Hitam Kemasan

Kamu dapat memproduksi dan menjual beras hitam dalam kemasan yang menarik. Kemasan yang menarik dan praktis akan meningkatkan daya tarik produk yang kamu miliki.

  1. Makanan Siap Saji

Buat produk makanan siap saji berbasis beras hitam seperti nasi beras hitam, mi beras hitam, atau kue-kue beras hitam yang lezat. Ini bisa menjadi alternatif sehat untuk makanan sehari-hari.

  1. Suplemen Makanan

Kamu juga bisa mempertimbangkan produksi suplemen makanan yang berbasis beras hitam. Suplemen ini dapat memiliki manfaat kesehatan dan daya tarik di pasar kesehatan dan kebugaran.

  1. Kuliner Restoran atau Kafe

Apabila kamu ingin terlibat dalam bisnis kuliner, kamu bisa membuka restoran atau kafe yang menawarkan hidangan berbasis beras hitam. Ini dapat menarik pelanggan yang mencari makanan sehat dan beragam.

Baca juga: Beras Merah Organik, Beras Lokal Indonesia yang Kaya Akan Manfaat

Dalam mengembangkan bisnis olahan beras hitam, perlu diperhatikan kualitas beras hitam yang digunakan dan cara pengolahannya agar menghasilkan produk yang berkualitas dan sehat. Selain itu, Pastikan untuk melakukan riset pasar yang teliti, mengidentifikasi pesaing, dan mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Peluang bisnis beras hitam memiliki potensi besar, tetapi persaingan di industri makanan cukup ketat, jadi persiapkan diri dengan baik sebelum memulai bisnis ini.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp