Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan: Nutrisi dan Kandungan

By. Eka Sari - 09 Oct 2023

Bagikan:
img

makanansehat.co.id - Bagi penyuka pola makan dan pola hidup sehat, pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis beras yang satu ini. Beras merah organik menjadi pilihan sebagian besar pelaku diet dan pecinta hidup sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dasar sehari-hari.

Selain banyak dikonsumsi oleh para pelaku diet dan penggiat gaya hidup sehat, nasi rendah gula dan tinggi serat menjadi salah satu alternatif nasi bagi penderita diabetes atau pasien hiperglikemik. Sehingga kebutuhan nutrisi dan gizi terkait kandungan beras tetap dapat terpenuhi.

Baca juga: Peluang Bisnis Makanan Olahan Beras Merah Organik

Beras merah organik merupakan beras yang telah diolah hingga kulit bulir berasnya dikupas sehingga menghasilkan warna yang berbeda dengan beras pada umumnya. Warna merah pada beras merupakan kandungan antosianin alami yang terdapat pada lapisan aleuron

Zat berwarna merah atau antosianin ini mengandung bahan alami tumbuhan seperti antioksidan, antikanker, antihipertensi, dan antihiperglikemik yang menjadi keunggulannya dibandingkan nasi putih.

Selain manfaat yang disebutkan di atas, beras merah organik memiliki banyak manfaat lain yang menarik terutama bagi para pelaku diet dan pecinta gaya hidup sehat. Adapun manfaat dari beras organik ini adalah sebagai berikut.

1. Mengandung Lebih Banyak Protein Dibandingkan Beras Putih

Kandungan beras merah organik 2-5% lebih tinggi dari beras putih. Ini sangat bermanfaat dan mempengaruhi pertumbuhan dan gizi orang yang mengonsumsinya.

Baca juga: Meraup Untung Dari Olahan Kedelai

2. Mengandung Lebih Sedikit Karbohidrat Dibandingkan Beras Putih

Salah satu keunggulan beras merah organik dibandingkan beras putih adalah rendahnya kandungan karbohidrat dan gula. Sehingga nasi jenis ini menjadi pilihan tepat bagi para pelaku diet dan penderita diabetes yang sangat menghindari makanan rendah gula.

3. Kandungan Zat Besi, Kalsium Dan Fosfor Lebih Tinggi

Beras merah organik juga mengandung lebih banyak kalsium, fosfor, dan zat besi. Hal ini juga menjadikan beras merah sebagai pilihan pangan utama para pecinta gaya hidup sehat, karena mengandung banyak zat yang lebih mampu memenuhi kebutuhan pangan dan gizi sehari-hari.

4. Tinggi Serat

Kandungan serat yang tinggi pada beras merah juga membantu metabolisme tubuh sehingga lebih mengurangi risiko penyakit yang dapat terjadi ketika metabolisme tubuh tidak bekerja dengan baik. Beberapa penyakit tersebut antara lain sistem pencernaan yang tidak teratur dan baik-baik saja, kanker usus besar yang sangat berbahaya.

Baca juga: Kenali 9 Manfaat Konsumsi Beras Lokal Indonesia

5. Adanya Kandungan Mangan

Kandungan mangan pada beras merah dapat membantu mengubah protein menjadi karbohidrat. Perubahan ini menghasilkan energi untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp