Melirik Peluang Usaha Olahan Makanan Berbahan Dasar Beras Merah

By. Eka Sari - 09 Oct 2023

Bagikan:
img

makanansehat.co.id - Beras merah organik merupakan salah satu jenis beras khusus yang banyak digunakan sebagai makanan pokok atau gaya hidup sehat. Apalagi saat ini kesadaran dan minat masyarakat untuk memulai pola hidup sehat semakin berkembang pesat. Hal ini turut mempengaruhi peningkatan permintaan beras merah di pasaran.

Baca juga: Meraup Untung Dari Olahan Kedelai

Tren diet dan hidup sehat juga menjadi peluang untuk mengembangkan ide bisnis makanan sehat dari beras merah organik. Selain itu, rasa asli dari beras merah yang sangat hambar dan tidak bisa dinikmati menjadi alasan mengapa beras organik ini membutuhkan makanan olahan agar bisa dinikmati dan disukai banyak orang.

Ide olahan beras merah organik tersebut kemudian menjadi peluang bisnis yang layak dan menguntungkan untuk dicoba. Bentuk olahan beras merah organik yang bisa menjadi peluang bisnis beras organik antara lain:

1. Nasi Goreng Beras Merah

Menu olahan nasi merah pertama yang bisa Anda jadikan usaha makanan adalah Nasi Goreng Nasi Merah. Selain proses pembuatannya yang mudah dan sederhana, nasi goreng juga sangat populer di Indonesia dan memiliki banyak penggemar.

Dengan ini, kamu dapat menarik pasar ataupun konsumen yang mengikuti pola makan atau menjalani hidup sehat. Sebab jika nasi gorengnya menggunakan nasi putih, mereka menghindarinya karena kandungan gula dan karbohidratnya yang tinggi serta tambahan lemak yang sangat dihindari. Oleh karena itu, memilih nasi merah sebagai nasi utama olahan nasi goreng memang sangat menggiurkan dan patut untuk dicoba.

2. Salad Beras Merah

Siapa sangka nasi bisa dijadikan bahan dasar salad? Beras merah dapat dijadikan lalap dengan tambahan labu kuning atau berbagai buah dan sayuran seperti nanas, tomat, dan mentimun. Selain, rasanya yang segar dengan tambahan buah dan sayur, menu kreatif ini juga jarang ditemukan, sehingga menjadi menu baru yang segar bagi pecinta nasi merah. Hal ini lebih jelas mempersempit pasar atau konsumen bagi bisnis yang kamu jalankan, sehingga lebih menguntungkan karena tidak perlu lagi khawatir dalam mencari target pasar.

Baca juga: Kenali 9 Manfaat Konsumsi Beras Lokal Indonesia

3. Nasi Tim Beras Merah

Nasi Tim umumnya terasa hambar, berwarna tampilan pucat dan jarang disukai. Anda dapat merubah hal tersebut dengan menggunakan beras merah. Biasanya nasi tim beras merah disajikan dengan berbagai jenis sayuran hijau ataupun jagung sebagai pelengkap rasa. Sehingga rasanya tidak hambar lagi, dan bisa lebih dinikmati.

4. Nasi Merah Kambing Pedas

Selain nasi goreng, nasi merah kambing pedas juga bisa dijadikan ide menu olahan makanan untuk menu olahan bisnis yang akan maupun sedang dijalankan. Melihat minat masyarakat Indonesia yang menyukai makanan pedas, hal ini dapat menjadi peluang untuk menarik minat konsumen pedas untuk mengonsumsi makanan pedas namun dengan tetap menjaga nutrisi, yakni dengan menjaga kesehatan. menggunakan beras merah. Bisa juga menambahkan dan mengkreasikan daging kambing atau daging lainnya sebagai tambahan menu atau lauk dengan nasi merah pedas.

5. Puding Beras Merah

Beras merah tidak hanya dijadikan salad, tapi juga bisa dijadikan puding. Bentuknya mirip bubur, namun rasa puding beras merah dibuat untuk menonjolkan rasa manis pada puding, bukan rasa asin pada bubur pada umumnya. Puding nasi merah dalam menu makanan sehat baru juga bisa menjadi peluang bagus untuk memulai bisnis makanan sehat.

Baca juga: Prediksi Harga Minyak Akan Melonjak Akibat Serangan Hamas Ke Israel

6. Sushi

Sushi beras merah juga bisa menjadi alternatif ide makanan cepat saji yang enak namun tetap menyehatkan. Sushi biasanya dihindari oleh para pelaku diet dan pecinta kesehatan karena menggunakan nasi, beras ketan, dan bahan makanan tinggi karbohidrat lainnya. Dengan menggunakan nasi merah dan menu pelengkap yang disesuaikan, hal ini dapat menarik konsumen pecinta sushi yang mengikuti pola makan dan mengubah pola makannya ke menu sehat.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp