Peluang Bisnis Olahan Kedelai

By. Eka Sari - 08 Oct 2023

Bagikan:
img

makanansehat.co.id - Jenis produk berbahan dasar kedelai, baik berupa tempe, tahu, susu kedelai maupun produk lainnya, semakin meningkat setiap tahunnya. Berbagai olahan kedelai kini  banyak tersedia di pasar tradisional maupun  modern. Saat ini, tidak hanya dianggap sebagai jajanan yang “murah”, namun juga menjadi salah satu pilihan makanan sehat yang penjualannya mulai meningkat di Indonesia bahkan merambah ke pasar ekspor

Baca juga: Beras di Indonesia: Produksi dan Konsumsi

Potensi dan peluang pengembangan aneka  kedelai masih terbuka seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk. Selain itu, pertumbuhan daya beli masyarakat  semakin meningkat sehingga semakin terbuka peluang usaha aneka olahan kedelai, sehingga Industri Dalam Negeri yang berbahan dasar kedelai kini mulai berkembang. Manfaat pengolahan kedelai dapat dilihat dari aspek kesehatan dan ekonomi yang sangat menguntungkan. Dari segi kesehatan, olahan kedelai memiliki nilai gizi dan rasa yang lebih baik. Sekaligus dari sisi ekonomi dapat meningkatkan nilai tambah dan daya beli masyarakat.

Penjelasan di atas cukup menjadi alasan untuk mencoba membuka usaha pengolahan kedelai. Ada beberapa peluang usaha yang bisa kamu pilih terkait dengan pengolahan kedelai:

1. Produk Susu Kedelai

Susu kedelai merupakan minuman yang kaya akan nutrisi dan cocok untuk orang yang memiliki alergi terhadap susu sapi atau intoleransi laktosa. Kamu dapat memproduksi susu kedelai segar atau susu kedelai dalam kemasan. Susu kedelai merupakan alternatif yang sehat bagi mereka yang tidak dapat atau tidak ingin mengkonsumsi susu sapi dan kamu dapat menjualnya secara lokal atau mencari distributor. Proses pembuatan susu kedelai cukup sederhana dan dapat dilakukan dengan peralatan yang biasa digunakan di rumah tangga

2. Tahu dan Tempe

Kedelai adalah bahan dasar utama dalam pembuatan tahu dan tempe. Proses pembuatan tahu dan tempe kedelai cukup sederhana yang dapat dilakukan dengan dengan peralatan yang biasa digunakan rumah tangga. Kamu dapat memulai usaha ini kecil-kecilan dengan membuat tahu dan tempe berkualitas tinggi untuk dijual di pasar lokal atau restoran.

3. Makanan Ringan

Kedelai bisa digunakan sebagai bahan dalam berbagai makanan ringan, seperti keripik kedelai atau kacang kedelai panggang. Ini bisa menjadi produk yang populer di pasar yang suka camilan sehat.

Baca juga: 10 Faktor Pengaruh Perkembangan Produksi Kecap dan Bumbu di Indonesia

4. Produk Kesehatan

Kamu juga bisa mempertimbangkan produksi suplemen makanan atau produk kesehatan lainnya yang mengandung kedelai. Kedelai mengandung protein dan nutrisi penting lainnya atau kamu dapat juga mempertimbangkan untuk menghasilkan produk kedelai organik.

5. Katering

Menawarkan menu berbasis kedelai untuk acara-acara khusus seperti pesta atau pernikahan bisa menjadi peluang bisnis yang menarik.

6. Pakan Hewan

Kedelai juga digunakan dalam pakan ternak dan kamu bisa memproduksi pakan ternak yang mengandung kedelai untuk peternak lokal.

7. Produk Kosmetik

Ekstrak kedelai sering digunakan dalam produk kosmetik dan perawatan kulit, kamu bisa mempertimbangkan produksi produk-produk semacam ini.

8. Kecap Kedelai

Kecap kedelai merupakan salah satu makanan kedelai yang banyak diminati. Proses pembuatan kecap kedelai cukup sederhana dan dapat dilakukan dengan peralatan yang biasa digunakan di rumah tangga

Baca juga: 3 Dampak yang Akan Terjadi Jika Impor Kedelai Berkelanjutan

Dalam memilih peluang usaha olahan kedelai, dinilai lebih menguntungkan. Karena, dilihat dari sisi modal, kamu bisa memulai dari ratusan ribu rupiah saja untuk beli bahan baku kedelai. Tidak hanya itu, peralatan yang dipakai terbilang sederhana dan proses produksinya pun tidak rumit dan kamu bisa menemukannya di pasar tradisional dekat rumahmu.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp