Mengenal Teh Cascara: Hasil Olahan dari Kulit Kopi

By. Afifah - 08 Sep 2023

Bagikan:
img

makanansehat.co.id - Dalam dunia minuman, kita sering kali berfokus pada biji kopi yang diolah menjadi secangkir kopi nikmat. Namun, ada satu elemen lain dari pohon kopi yang memiliki potensi untuk menghadirkan pengalaman rasa yang unik dan menyegarkan yaitu cascara atau yang lebih dikenal sebagai teh kulit kopi. Cascara merupakan bagian kulit dari buah kopi yang biasanya dibuang setelah biji kopi diproses. Produk ini belum dikenal Masyarakat secara luas. Namun, dengan berkembangnya teknologi dan tren minuman, menyebabkan cascara mulai dilirik oleh masyarakat. Hal itu juga diimbangi dengan kesadaran akan nilai dan potensi gizi serta rasa yang dimiliki cascara, sehingga banyak pengolahan yang dilakukan terhadap cascara, salah satunya dibuat sebagai minuman yang menyegarkan.

Baca juga: 7 Manfaat Kombucha bagi Kesehatan: Kaya Antioksidan

Cascara berasal dari pohon kopi, atau yang lebih tepatnya dari kulit buah kopi. Untuk mendapatkan cascara, perlu dilakukan beberapa tahapan pengolahan. Diawali dengan pemetikan biji kopi yang telah matang sempurna, lalu diolah hingga terpisah antara biji kopi dengan kulit kopi. Biji kopi akan mengalami proses lebih lanjut untuk dibuat kopi atau produk lainnya, sedangkan kulit kopi akan diolah menjadi cascara dengan cara dikeringkan hingga menjadi kering dan dapat diseduh seperti teh.

Cascara memiliki rasa dan aroma yang berbeda dari biji kopi yang dihasilkan dari buah yang sama. Rasa dan karakteristik cascara juga tidak sama dengan minuman teh dari bahan lainnya. Rasa dari cascara cenderung lebih ringan daripada kopi, dengan cita rasa yang manis, ringan, dan sedikit asam serta terdapat sentuhan buah-buahan kering seperti ceri, rasberi, dan bahkan sedikit bunga. Aroma yang dihasilkan juga lebih floral dan fruity. Hal ini menjadikan cascara sebagai minuman yang menyegarkan dan begitu menarik untuk dikonsumi. Minuman ini sangat cocok untuk dinikmati dalam berbagai suasana, terutama di cuaca panas.

Baca juga: 7 Rekomendasi Merk Teh Hijau Lokal Terbaik yang Wajib Dicoba

Cascara memiliki potensi untuk diolah menjadi minuman teh yang lezat dan menyegarkan. Dengan cita rasa manis dan asam yang unik, serta kandungan antioksidan dan fitokimia yang bermanfaat bagi kesehatan, teh cascara semakin populer di kalangan pecinta minuman. Jika Kamu ingin mencoba sesuatu yang baru dan berbeda, teh cascara bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dinikmati.

Baca juga: 8 Manfaat Teh Hitam bagi Tubuh, Baik untuk Jantung




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp