Manfaat Dibalik Kelezatan Kolang Kaling

By. Afifah - 02 Sep 2023

Bagikan:
img

makanansehat.co.id -  Kolang kaling, yang berasal dari buah aren (Arenga pinnata), telah banyak dikonsumsi dalam berbagai varian produk. Bauh ini juga menjadi camilan yang lezat serta sangat popular ketika bulan puasa. Namun, tak hanya lezat, kolang kaling juga memberikan banyak manfaat bagi yang mengkonsumsi. Mari kita telaah lebih lanjut mengenai manfaat mengkonsumsi buah kolang kaling dan dampak positifnya terhadap Kesehatan kita.

Baca juga: Kolang Kaling: Hidangan Lezat dengan beragam Kandungan Gizi

1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kolang kaling mampu bertugas mengontrol kadar gula darah karena adanya kadungan serat. Serat tersebut berupa senyawa polisakarida dengan jenis galaktomanan. Galaktomannan memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar gula dalam darah dan mencegah terjadinya diabetes.

2. Membantu Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kolang kaling menjadi salah satu bahan pangan yang memiliki kandungan serat cukup tinggi, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan saluran penceraan. Mengkonsumsi kolang – kaling akan mencegah terjadinya sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.

3. Membantu Mencegah Osteoporosis

Manfaat mengkonsumsi kolang kaling untuk kesehatan lainnya yaitu mampu membantu mencegah terjadinya osteoporosis. Hal tersebut berkaitan dengan kandungan kolang kaling yaitu kalsium yang cukup banyak. Kalsium berfungsi menjaga kekuatan tulang, sehingga mengkonsumsi kolang kaling dapat menjadi alternatif konsumsi kalsium yang tinggi dalam tubuh.

Baca juga: Buah Aren Hingga Jadi Kolang Kaling. Begini Prosesnya

4. Kaya akan Zat Besi

Kolang kaling memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup berlimpah. Salah satu yang dominan adalah kandungan zat besi. Kandungan ini mampu membantu tubuh untuk menghasilkan hemoglobin atau protein dalam sel darah merah yang berperan menghantarkan oksigen ke seluruh tubuh.

5. Mencegah Dehidrasi

Kolang kaling menjadi salah satu produk makanan dengan kandungan air yang tinggi. Kandungan tersebut membuat kolang kaling dapat memenuhi asupan cairan tubuh sehingga mencegah terjadinya dehidrasi. Kandungan air dalam kolang kaling berkisar anatar 90 – 94%. Itulah mengapa kolang kaling sering digunakan sebagai menu pada takjil Ketika bulan puasa.

Kolang kaling menjadi buah yang lezat untuk dikonsumsi dan dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh, baik dikonsumsi langsung maupun ditambahkan dalam salad, atau digunakan sebagai bahan dalam minuman dan hidangan penutup. Kolang kaling berperan menambah variasi makanan dengan fungsionalitas pada kesehatan. Tetap ingat bahwa, seperti dengan semua bahan makanan, keseimbangan, takaran dan variasi konsumsi tetaplah penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Baca juga: 7 Resep Kreatif Es Doger untuk Hidangan Penutup yang Menyegarkan




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp