Cara Menggunakan Lensa Makro yang Bisa Kamu Ikuti

By. Novian - 29 Aug 2023

Bagikan:
img

makanansehat.co.id - Lensa makro adalah jenis lensa yang didesain khusus untuk menghasilkan kinerja optik optimal pada jarak fokus sangat pendek dan biasanya paling tajam pada jarak dekat.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara menggunakan lensa makro:

Baca juga: Rekomendasi Lensa Wide Angle, Apa Saja?

Menggunakan lensa makro

Cara paling mudah untuk menggunakan lensa makro adalah dengan membeli lensa makro yang sesuai dengan kameramu. Lensa makro memiliki kemampuan untuk memperbesar objek kecil dan menangkap detail-detail kecil pada objek tersebut.

Memasang filter close-up

Filter close-up adalah filter yang dipasang di depan lensa kamera untuk memperbesar objek kecil. Filter ini tersedia dalam berbagai ukuran dan kekuatan, dan dapat digunakan dengan lensa standar untuk menghasilkan efek makro.

Memasang extension tube

Extension tube adalah tabung yang dipasang antara lensa dan body kamera untuk memperbesar objek kecil. Extension tube tersedia dalam berbagai ukuran dan dapat digunakan dengan lensa standar untuk menghasilkan efek makro.

Membalik lensa

Teknik ini melibatkan membalik lensa kamera untuk memperbesar objek kecil. Untuk melakukannya, kamu memerlukan reverse ring yang memungkinkan lensa dipasang terbalik pada body kamera.

Baca juga: Cara Merawat Lensa Wide Angle Supaya Tahan Lama

Membuat lensa makro sendiri 

Kamu juga dapat membuat lensa makro sendiri dengan menggunakan kaca pembesar dan beberapa bahan lainnya. Namun, cara ini memerlukan keahlian dan peralatan khusus.

Memilih subjek yang tepat

Untuk menghasilkan foto makro yang baik, kamu perlu memilih subjek yang tepat. Subjek yang cocok untuk fotografi makro adalah objek kecil dengan detail yang menarik, seperti bunga, serangga, atau tetesan air.

Menggunakan tripod 

Karena fotografi makro memerlukan jarak fokus yang sangat pendek, maka guncangan kecil pada kamera dapat menyebabkan foto menjadi blur. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan tripod saat memotret dengan lensa makro.

Menggunakan cahaya yang tepat

Cahaya yang tepat sangat penting untuk menghasilkan foto makro yang baik. Cahaya yang terlalu terang atau terlalu redup dapat membuat foto menjadi overexposed atau underexposed. Disarankan untuk menggunakan cahaya alami atau cahaya studio yang lembut untuk menghasilkan foto makro yang baik.

Baca juga: Tips Memilih Lensa Wide Angle




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp