Cara Membuat Pasta dengan Campuran Sarden

By. Nevanda - 28 Aug 2023

Bagikan:
img

makanansehat.co.id - Pasta Sarden adalah hidangan sederhana namun memikat karena menyatukan kekayaan laut dengan kreasi pasta klasik. Dalam setiap suapannya, hidangan pasta sarden ini akan menyajikan kekayaan rasa ikan sarden yang gurih hingga aroma segar jeruk dan rempah-rempah yang harum. Berikut ini resep pasta sarden yang sederhana dan lezat untuk Anda:

 

Baca juga: Coba Resep Salad Salmon Asap Ini di Rumah


Pasta Sarden dengan Saus Lemon


Bahan-bahan:

  • 225 gram pasta (seperti spaghetti atau linguine)
  • 2 kaleng (masing-masing sekitar 125g) sarden dalam minyak zaitun, tiriskan
  • 3 sendok makan minyak zaitun (dari kaleng sarden atau minyak zaitun extra-virgin)
  • 3 siung bawang putih, cincang
  • 1/2 sendok teh bubuk cabai merah (sesuaikan dengan selera)
  • Parutan kulit dari 1 buah lemon
  • Perasan dari 1 buah lemon
  • 1/4 cup peterseli segar cincang
  • Garam dan lada hitam secukupnya
  • Keju Parmesan parut untuk penyajian (opsional)

 

Baca juga: Ketahui 7 Metode Budidaya Tiram

 

Petunjuk:

  1. Didihkan sepanci besar air asin. Masukkan pasta dan masak sesuai petunjuk kemasan hingga al dente. Sisakan sekitar 1/2 cup air rebusan pasta, lalu tiriskan.
  2. Saat pasta dimasak, panaskan minyak zaitun dari kaleng sarden (atau minyak zaitun extra-virgin) dalam wajan besar dengan api sedang. Tambahkan bawang putih cincang dan bubuk cabai merah. Tumis selama 1-2 menit sampai bawang putih beraroma harum dan berwarna keemasan.
  3. Tambahkan sarden yang sudah dikeringkan ke dalam wajan, pisahkan daging sarden dengan garpu. Tambahkan parutan kulit lemon dan lanjutkan memasak selama 2-3 menit lagi, agar rasanya menyatu.
  4. Tambahkan pasta yang sudah matang ke dalam wajan dengan campuran sarden. Aduk semuanya untuk melapisi pasta dengan bumbu. Jika campurannya tampak kering, Anda dapat menambahkan sedikit air rebusan pasta untuk membuat saus tidak terlalu pekat.
  5. Peras air perasan lemon di atas campuran pasta dan sarden. Tambahkan peterseli segar cincang dan aduk hingga tercampur. Bumbui dengan garam dan lada hitam sesuai selera.
  6. Bagi pasta sarden di antara piring-piring. Jika diinginkan, taburkan keju Parmesan parut di atas setiap porsi. Sajikan segera.

 

Pasta sarden ini cepat dibuat dan menawarkan keseimbangan rasa yang menyenangkan. Hidangan ini adalah cara yang bagus untuk memasukkan manfaat gizi ikan sarden ke dalam hidangan pasta yang memuaskan.

 

Baca juga: Ketahui 12 Komponen Yang Digunakan Dalam Budidaya RAS




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp